Halaman

cewek36C Twylah Fan Page

Selasa, 04 September 2012

Mengapa perempuan lebih banyak minta maaf daripada lelaki?

Bukan karena kesopanan, melainkan karena perempuan pada dasarnya memang lebih peka daripada laki-laki. Ini membuat mereka lebih sering menilai tindakan mereka sebagai kurang patut hingga membutuhkan minta maaf.

Saya copas dari studi tentang hal ini:

"Kami mendesain dua studi untuk memeriksa apakah perbedaan gender dalam perilaku meminta maaf memang ada, dan jika memang ada, mengapa. Dalam studi pertama, partisipan melaporkan secara harian seluruh tindakan menyinggung orang lain yang mereka lakukan dan apakah permintaan maaf kemudian dilakukan. Para perempuan melaporkan aktivitas minta maaf lebih banyak daripada laki-laki, dan juga melaporkan lebih banyak melakukan aktivitas menyinggung daripada laki-laki. Hasil temuan: laki-laki memiliki ambang lebih tinggi daripada perempuan terkait mana-manakah yang terbilang menyinggung perasaan."

"Dalam studi kedua, kami memeriksa hipotesis ambang ini dengan mengajukan pertanyaan kepada partisipan untuk mengevaluasi tindakan menyinggung, baik yang bersifat imajinatif maupun yang benar-benar terjadi. Sebagaimana perkiraan, laki-laki tidak separah perempuan dalam menilai manakah tindakan yang disebut menyinggung. Penilaian apakan tindakan disebut menyinggung atau tidak adalah prediktor apakah permintaan maaf memang perlu untuk dan benar-benar akan dilakukan."

Laki-laki memang lebih bebal daripada perempuan. Dan konsisten dengan hasil riset, kami tampaknya tidak merasa itu salah dan oleh karenanya kami tak perlu meminta maaf karenanya :-p

Sumber: "Why Women Apologize More Than Men, Gender Differences in Thresholds for Perceiving Offensive Behavior" dari Psychological Science
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar